International Semarang Cartoon festival 2021 i sekarfest October 31 2021

Desain kartun adalah salah satu seni visual dua dimensi yang hanya digambar di atas kertas atau digital. Ide membuat kartun didasarkan pada cara baru dalam bercerita dan menggambarkan cerita. Awalnya, kartun ditambahkan ke dalam cerita untuk mendorong anak-anak membaca buku, namun kemudian batas usia penonton kartun dipatahkan dan sekarang dianggap oleh penonton dari segala usia.

Karikatur umumnya dikenal sebagai perpaduan desain tema yang berbeda dengan unsur berlebihan dan humor. Dengan kata lain, desain karikatur adalah gaya yang menyenangkan dan lucu.

Tapi kartun itu adalah karakter fiksi yang dirancang untuk mendongeng dan hiburan. Kartun manusia, hewan, burung, dan lainnya dapat digambar. Dengan bantuan imajinasinya, kartunis dapat memindahkan batas-batas realitas sejauh yang dia bisa dan menciptakan karakter yang menarik dan imajinatif.

Saat mendesain karikatur wajah, orang sungguhan biasanya dipilih sebagai model desain, dan hasil akhirnya tergantung pada penampilan wajah model.

Kartunis profesional, selain melebih-lebihkan desain modelnya, juga mempertahankan karikatur kartun tersebut dengan cara yang mudah dikenali.

Karikatur dibuat dengan tujuan untuk menciptakan pesan yang menyenangkan dan terkadang ironis.

Kartun dan karikatur disajikan kepada khalayak melalui berbagai media, seperti surat kabar, majalah, buku bergambar, website dan televisi. Kartun sebagian besar digunakan dalam buku komik untuk mengilustrasikan sebuah cerita, berbeda dengan karikatur untuk menggambarkan dilema sosial atau dalam artikel yang diterbitkan tentang seorang selebriti.

Dr. Nicola Jennings, yang bekerja untuk surat kabar terkemuka seperti The Guardian Caricature, mengatakan: “Menggambar karikatur memiliki dua bagian; pertama, menganalisis kecocokan wajah model, dan kedua, dinamika dan kondisi berbeda dari wajah orang tersebut. Berlebihan tidak sulit untuk menyesuaikan wajah orang, tetapi jika Anda menginginkan karikatur profesional, Anda perlu melebih-lebihkan mode unik orang tersebut. Perubahan yang Anda lakukan harus sejalan dengan ciri kepribadian tema karikatur.

Di sisi lain, kartun buku komik di surat kabar tidak terkecuali. Banyak dari kartun ini berkisar dari acara sosial dan politik hingga topik hangat selebriti. Maka kartunis perlu memikirkan secara mendalam tentang subjek yang dipilihnya untuk digambarkan agar dapat menyampaikan pesan kartun dengan cara yang lebih halus kepada penonton.

GP Admin

Kembali ke atas